5 Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak dan Murah Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik di Indonesia – Bagi sebagian orang yang tinggal di ibukota besar, memiliki mobil dengan dimensi kompak seakan menjadi sesuatu yang wajib. Kendala utamanya adalah area parkir di pekarangan rumah yang terbatas, susah mencari spot parkir besar di tempat perbelanjaan, hingga susah diajak bermacet-macetan. Dengan dimensi yang mungil, mobil yang digunakan juga akan terjaga dari berbagai gangguan di jalan raya. Sebab, mobil lebih mudah dikendalikan dan diprediksi. Inilah fokus utama yang selalu orang perhatikan.

Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik di Indonesia
Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik di Indonesia

Di pasar mobil bekas, berbagai jenis mobil kompak sudah sangat dengan mudah ditemukan. Karena tren mobil mungil sudah dimulai sejak medio 2004 saat hatchback menjadi primadona dan berlanjut hingga sekarang. Selain hatchback, ada juga MPV, sedan, serta SUV crossover. Untuk itu, disini Bermobil telah merangkum berbagai Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik dengan acuan panjang mobil tak lebih dari 4,5 meter. Dengan begitu, dimensinya masih tergolong ideal dan dengan gampang masuk ke berbagai jenis pekarangan rumah minimalis serta area parkir terbatas.

Nissan March 1.2 AT

Tahun : 2012
Mesin : 1.198 cc 3 silinder, 76 HP
Dimensi : panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm
Harga : Rp 70 jutaan

Posisi pertama Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik diisi oleh Nissan March. Sebagai sebuah city car compact hacthback, Nissan March memiliki kabin paling lapang di kelasnya. Saat menggunakan mobil ini untuk perjalanan jauh atau berada di kemacetan,  Nissan March masih mampu menawarkan kenyamanan di atas rata-rata dibandingkan kompetitornya, terlebih bantingan suspensinya cukup empuk. Hanya saja, penopang kepala untuk baris penumpang kedua menyatu dengan kursi, sehingga ketinggiannya tidak bisa diatur sesuka hati. Selain itu, Nissan March juga cukup irit untuk digunakan sebagai mobil harian dan cocok bagi kalangan pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

Keunggulan Nissan March 1.2 AT : irit BBM, kabin luas, suspensi nyaman
Kelemahan Nissan March 1.2 AT : headrest penumpang baris kedua, akselerasi agak lamban

Toyota Calya G MT

Tahun : 2016
Mesin : 1.197 cc 4 silinder Dual VVT-i, 88 HP
Dimensi : panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm
Harga : Rp 100 jutaan

Toyota Calya G manual menempati posisi kedua pada Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik kali ini. Di segmen mobil LCGC, Toyota Calya adalah salah satu pilihan menarik. Mobil ini sudah memiliki rem ABS, kunci keyless, serta indikator Eco untuk memandu pengemudi menyetir hemat BBM. Jika Anda tidak memperhitung akan kesederhanaan desain dashboardnya, LCGC 7 penumpang ini cukup nyaman dikendarai berkat posisi tuas transmisi yang ergonomis. Ia juga sudah dilengkapi blower AC pada baris kedua yang menyerap angin dari baris pertama. Walau bukan double blower, setidaknya fitur tersebut cukup membantu.

Keunggulan Toyota Calya G MT : akomodasi 7 penumpang, kelengkapan fitur, irit
Kelemahan Toyota Calya G MT : desain dashboard, handling, mudah gasruk

Toyota Vios G AT

Tahun : 2012
Mesin : 1.497 cc 4 silinder VVT-i, 109 HP
Dimensi : panjang 4.285 mm, lebar 1.695 mm
Harga : Rp 100 jutaan

Tidak sah rasanya jika tidak memasukkan nama Vios sebagai salah satu kandidat Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak dan Murah Terbaik. Sebagai sedan paling laris Toyota, sedan kompak ini memiliki berbagai keunggulan sehingga cocok digunakan sebagai mobil bekas pertama bagi yang baru ingin meminang mobil. Toyota Vios terkenal memiliki mesin badak yang telah terbuktikan oleh armada taksi, perawatan mudah, mudah dikendarai, irit BBM, sekaligus memiliki akselerasi yang baik. Hanya saja, desain dashboard Toyota Vios bukanlah yang paling menarik di kelasnya.

Keunggulan Toyota Vios G AT : Mesin tangguh, perawatan khas Toyota, bisa ditangani di semua bengkel, irit BBM
Kelemahan Toyota Vios G AT : image taksi, desain dashboard, desain eksterior mulai tampak usang

Datsun Go Panca

Tahun : 2014
Mesin : 1.198 cc 3 silinder, 68 HP
Dimensi : panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm
Harga : Rp 70 jutaan

Di kelas LCGC, Datsun Go Panca terkenal akan tenaga mesinnya yang besar, posisi duduk pengemudi yang enak, dan hadirnya tuas transmisi yang mudah digapai. Versi hatchback dari Datsun GO+ Panca ini juga cukup lincah saat diajak bermanuver. Namun, mobil ini memiliki beberapa pemangkasan fitur agar harganya murah. Antara lain penggunaan single wiper, tuas rem tangan model tarik layaknya Kijang Kotak, serta kualitas material yang digunakan tak sebaik para kompetitor. Untuk perawatannya sendiri dapat dilakukan di bengkel resmi Nissan.

Keunggulan Datsun Go Panca : Posisi mengemudi, posisi tuas transmisi, interior lapang
Kelemahan Datsun Go Panca : Tak ada varian matic, minim fitur, bantingan kurang nyaman

Mazda2 Gen 1

Tahun : 2012
Mesin : 1.497 cc 4 silinder, 103 HP
Dimensi : panjang 3.913 mm, lebar 1.695 mm
Harga : Rp 110 jutaan

Generasi pertama Mazda2 di Indonesia ini merupakan kembaran dari Ford Fiesta. Walau keduanya dibangun dengan basis yang sama, namun perbedaan keduanya cukup kentara. Dengan hengkangnya Ford dari tanah air, maka harga Mazda2 pun lebih bertahan di pasar mobil bekas. Dibalik harganya yang mulai terjangkau, mobil ini cukup layak dipinang jika Anda mengutamakan desain interior, fitur berlimpah, serta peranJti hiburan yang lengkap. Namun bantingan Mazda2 Gen 1 terasa stiff / keras, yang berefek positif terhadap handling yang lincah. Maka tak heran jika Mazda 2 cukup diincar oleh kawula muda.

Keunggulan Mazda2 Gen 1 : handling, kelengkapan fitur, desain interior
Kelemahan Mazda2 Gen 1 : desain eksterior mulai uzur, bantingan terasa kaku

Demikian beberapa rekomendasi kami mengenai Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak dan Murah Terbaik di Indonesia. Sebelum membeli salah satu unit mobil yang kami sebutkan di atas, alangkah baiknya Anda membaca terlebih dahulu mengenai spesifikasi teknis serta biaya perawatan dan ketersediaan sparepart di kota Anda. Pastikan menyisakan budget lebih sekitar 10 jutaan untuk merestorasi tenaga mesin. Semoga membantu.