5 Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia – Dulunya, mesin diesel hanya digunakan pada mobil pengangkut barang ataupun pickup truk ringan yang membutuhkan torsi pada putaran bawah. Mesin diesel dianggap kurang ramah lingkungan karena emisi yang cukup tinggi. Untungnya, seiring berkembanganya teknologi, mesin diesel kini banyak digunakan sebagai mesin di setiap mobil pengguna kasual dan turut diaplikasikan di mobil kecil seperti sedan, hatchback, MPV, hingga SUV atau crossover.

5 Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia
5 Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia

Seiring berkembangnya waktu, keberadaan mesin diesel mulai diterima oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya dikenal tangguh, irit serta minim perawatan, tenaga dan torsi mesin diesel juga lebih mudah ditingkatkan dengan budget minim. Maka tak heran jika tuner drag racing sekarang banyak memilih mobil bermesin diesel sebagai tunggangan balap. Bagi Anda yang ingin memilih mobil diesel, berikut beberapa rekomendasi Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia yang telah Bermobil pilihkan.

Ford Everest TDCi A/T

Tahun : 2010
Mesin : 2.499 cc 4-silinder turbo common-rail, 143 HP
Harga : Rp 140 jutaan

Setelah hengkangnya Ford dari tanah air, mobil Ford kini mulai mengalami depresiasi harga yang cukup besar. Namun ada sebuah produk Ford yang memiliki mesin diesel bandel yakni Ford Everest TDCi. Maka dari itu kami masukkan ke daftar pertama Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia. Di segmen SUV tulen berpenggerak roda belakang atau 4×4, mobil ini cukup layak dipinang. Murah, tinggi, daya jelajah mumpuni dan desain yang gagah adalah kunci utama dalam persaingan. Beberapa sparepart Ford Everest juga dapat disubstitusi menggunakan merk lain sehingga perawatan jadi lebih mudah.

Dari segi bantingan, Ford Ranger memiliki suspensi rigid karena masih mengandalkan per daun yang diadopsi dari Ford Ranger. Meski terbilang kurang empuk, tapi suspensi mobil ini terbilang sangat kokoh dan sangat membantu ketika bermanuver. Gejala bodyroll juga masih dapat dikoreksi dengan baik. Ia juga memiliki tenaga mesin cukup besar dengan bantuan turbo variable, dimana saat itu Fortuner dan Pajero Sport hanya menggunakan mesin turbodiesel biasa. Untungnya, Ford Everest masih sanggup menenggak solar biasa yang tentunya ramah di dompet. Namun tuas rem tangan mobil ini masih model tarik layaknya pickup.

Keunggulan Ford Everest TDCi A/T : mesin bandel, desain gagah, perawatan bisa ditangani oleh bengkel mana saja, harga cukup murah
Kelemahan Ford Everest TDCi A/T : rem tangan model tarik, interior sangat sederhana, bantingan suspensi agak keras

Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T

Tahun : 2008 – 2010
Mesin : 2.494 cc 4-silinder turbo common-rail, 102 HP
Harga : Rp 140 – 180 juta

Jika tidak suka dengan SUV karena ukurannya yang terlalu besar, Anda bisa memilih Innova Diesel. Varian MPV dari Fortuner dan Hilux ini terkenal akan mesinnya yang sangat tahan banting dan mudah diopek dengan cara remap. Maka jangan heran jika Anda sering menemukan Innova Diesel dalam ajang drag racing. Keunggulan lain dari mobil ini adalah kabinnya yang lapang dan mampu mengakomodasi 7 penumpang dewasa dengan nyaman serta didukung oleh AC yang cukup dingin. Walau desain eksterior dan interiornya mulai tampak usang, tapi Innova adalah pilihan yang sangat bijak mengingat perawatannya yang sangat-sangat mudah khas Toyota.

Keunggulan Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T : AC dingin, kabin lega, perawatan mudah
Kelemahan Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T : Agak limbung, desain eksterior dan interior tampak kuno, harga masih mahal

Hyundai H1 CRDi

Tahun : 2010
Mesin : 2.497 cc 4-silinder VGTC, 170 HP
Harga : Rp 150 jutaan

Untuk Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia ketiga, kami memilih Hyundai H1 Diesel. Selain lebih lega dari Innova di atas, mobil ini juga tersedia dengan format 12 penumpang. Sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bersama keluarga besar. Ia juga banyak direkomendasikan oleh banyak orang karena menjadi paket ekonomis dibandingkan Toyota Hiace yang harganya sangat mahal. Dengan torsi mencapai 392 Nm, Hyundai H1 Diesel cukup asyik untuk diajak berakselerasi. Salah satu poin penting yang patut Anda sesalkan adalah ketiadaan fitur pintu geser elektrik karena kedua pintu tengahnya masih manual.

Keunggulan Hyundai H-1 CRDi : Akomodasi penumpang, suspensi empuk, kabin sangat lapang
Kelemahan Hyundai H-1 CRDi : Desain eksterior, pintu geser belum elektrik, image Hyundai

Volkswagen Caravelle Short

Tahun : 2009
Mesin : 2.461 cc 4-silinder turbo diesel, 129 HP
Harga : Rp 170 jutaan

Pada posisi keempat dari Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia, kami ikut memasukkan salah satu pemain asal Jerman, Volkswagen Caravelle. Selain image gengsi khas mobil Eropa, VW Caravelle dikenal sebagai salah satu MPV paling nyaman dan elegan bermesin diesel di kelasnya. Berkat ayunan suspensinya yang empuk, mobil ini akan membuat penumpang tertidur lelap di dalamnya. Namun keunggulan tersebut harus Anda tebus dengan perawatannya yang lebih mahal serta ketersediaan bengkel resmi yang lebih sedikit dari mobil Jepang atau mobil Korea yang telah kami sebutkan di atas.

Keunggulan Volkswagen Caravelle : Built quality jempolan, kabin lapang, suspensi empuk
Kelemahan Volkswagen Caravelle : Populasi sedikit, perawatan relatif mahal, jaringan aftersales

Hyundai i20 CRDi

Tahun : 2009
Mesin : 1.396 cc 4 silinder turbo common-rail, 90 HP
Harga : Rp 90 jutaan

Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia terakhir, kami memilih Hyundai i20 CRDi. Didukung oleh mesin diesel yang terkenal perawatannya lebih mudah dibandingkan mesin bensin, Hyundai i20 diesel cukup bertenaga dan mampu diajak berakselerasi ke kecepatan 100 km/jam hanya dalam 10,8 detik saja serta didukung oleh handling yang mantap. Sayangnya, varian diesel i20 hanya dikawinkan dengan transmisi manual sehingga agak sulit dikemudikan saat melewati jalan macet, terutama bagi wanita. Walau begitu, mobil ini sangat layak dipinang mengingat tak ada city car lain di Indonesia yang menggunakan mesin diesel.

Keunggulan Hyundai i20 CRDi : Fun to drive, model sporty, akselerasi
Kelemahan Hyundai i20 CRDi :  Hanya ada versi manual, populasi bekasnya minim

Demikian 5 Pilihan Mobil Bekas Bermesin Diesel Terbaik di Indonesia yang telah Bermobil pilihkan untuk Anda. Secara keseluruhan, sesuaikan budget lebih untuk biaya restorasi sebelum meminang salah satu mobil di atas. Jangan lupa ajak kerabat atau montir yang biasa menangani mobil diesel common-rail saat pengecekan unit. Hindari mobil yang mengalami indikasi turbo jebol, sebab biaya pergantiannya terbilang mahal. Semoga membantu.