5 Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia РMemiliki sebuah mobil yang dapat mengakomodasi banyak barang dan juga penumpang ternyata bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang profitable. Walaupun beberapa Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis yang akan kami sebutkan disini menggunakan basis mobil keluarga. Disini, ruang kabin yang lapang adalah sebuah kewajiban dari berbagai para kandidat. Adanya fitur pintu geser di beberapa disini juga tentunya menjadi nilai plus sehingga akses penumpang menjadi lebih mudah, begitu pula untuk proses bongkar muatan.

Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia
Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia

Namun, poin yang sangat wajib dipertimbangkan adalah biaya perawatan, ketersediaan sparepart fast moving atau slow moving, serta boros tidaknya konsumsi BBM. Karena, ketiga hal tersebut akan mempengaruhi biaya operasional yang Anda sediakan. Langsung saja, berikut adalah beberapa rekomendasi dan Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia.

Toyota Hiace Commuter

Tahun : 2008
Mesin : 2.494 cc 4-silinder, 102 HP
Harga : Rp 300 jutaan

Mengenai daya angkut, Toyota Hiace adalah raja di dalam postingan kali ini. Sebab, Hiace mampu mengakomodasi hingga lebih dari 12 orang dan sangat menjanjikan bagi pebisnis yang menjalankan bisnis travel antar kota atau pariwisata ke luar kota. Dari sisi fitur keselamatan, ia juga telah dilengkapi oleh sabuk keselamatan di setiap jok penumpang. Tak cukup disitu saja, Hiace juga mengadopsi rem dengan teknologi ABS+BA, singga sistem penggeremannya pun jauh lebih baik dari kompetitor sekelas.

Sementara untuk sektor permesinan, Toyota Hiace ditenagai oleh mesin turbodiesel 2KD 2.500 cc yang terkenal sangat bandel, irit, dan dapat digunakan hingga 500 ribu km tanpa masalah berarti. Maka tak heran jika harga bekas Hiace yang dulunya pernah menginjak angka 220 jutaan, kini merangkak naik hingga 300 jutaan. Hanya saja, bodi Hiace cukup besar sehingga membuatnya kurang lincah ketika bermanuver.

  • Keunggulan Toyota Hiace Commuter : Perawatan mudah, jaringan servis khas Toyota, mesin bandel, fitur keselematan, akomodasi penumpang
  • Kelemahan Toyota Hiace Commuter : Limbung, perpindahan gigi lumayan sulit

Suzuki APV

Tahun : 2010 – 2012
Mesin : 1.493 cc 4-silinder, 105 HP
Harga : 70 – 85 Jutaan

Sejak pertama kali menginjakkan kakinya di tanah air, APV cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain kabin yang sangat lapang, mobil ini dapat mengakomodasi hingga 8 orang penumpang dan sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga karena baris ketiganya menyediakan ruang kaki lebih dari cukup. Berkat keunggulannya ini, banyak para pebisnis travel menggunakan Suzuki APV sebagai armadanya. Belum lagi memiliki mesin yang mumpuni dan didukung oleh layanan aftersales Suzuki yang terkenal paling murah untuk sekelas mobil niaga.

Hanya saja, konsumsi BBM Suzuki APV terbilang boros. Bagi sebagian orang, poin ini patut dijadikan pertimbangan. Apalagi jika mobil sering digunakan ke luar kota bersama keluarga. Untungnya, APV dibekali ground clearance cukup tinggi yang memudahkan driver dalam mengantisipasi jalan berlubang. Handlingnya pun masih di atas rata-rata berkat bantingannya yang kaku.

  • Keunggulan Suzuki APV : Daya angkut penumpang 8 orang, tenaga mesin cukup kuat, varian cukup banyak
  • Kelemahan Suzuki APV : Konsumsi boros, bukan pintu geser, bantingan kaku

Nissan Evalia SV

Tahun : 2012
Mesin : 1.498 cc 4-silinder, 109 HP
Harga: Rp 80 jutaan

Dari kubu pesaing sesama asal Jepang, Nissan menggebrak pasar people carrier dengan produknya Evalia. Mobil ini memiliki desain sporty dengan bentuk lampu depan memipih dan memikiki sudut tajam. Sebagai nilai saing utamanya, Nissan Evalia menargetkan pasar mobil keluarga sekaligus pebisnis yang menginginkan sebuah van dengan kabin lapang. Ruang kargo belakang Evalia dapat ditambah kapasitasnya setelah bangku baris ketiga dilipat. Sehingga ruang bagasi dapat mengakomodasi berbagai produk bisnis Anda. Selain itu, Evalia juga memiliki pintu geser sehingga akses kabin jadi lebih mudah.

  • Keunggulan Nissan Evalia SV : Desain menarik, konsumsi BBM lumayan irit, tenaga mesin
  • Kelemahan Nissan Evalia SV : Kaca pintu penumpang tengah model geser, AC tanpa double blower

Daihatsu Gran Max

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 1.298 cc 4 silinder, 86 HP
Harga : Rp 70 – 90 jutaan

Harga murah, perawatan mudah, dan sparepart tersebar di seluruh pelosok nusantara adalah poin utama yang digunakan Daihatsu dalam menjajakan Gran Max. Penerus dari Daihatu Zebra ini memiliki kaki-kaki yang kuat dan sangat andal dalam urusan membawa barang berat sehingga digemari oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis kuliner yang membutuhkan mobil pengangkut hingga ekspedisi pengiriman barang. Maka tak heran jika banyak unit Gran Max berlalu lalang di dalam kota dengan balutan stiker ekspedisi.

  • Keunggulan Daihatsu Gran Max : Harga terjangkau, biaya perawatan dan sparepart, kabin lapang
  • Kelemahan Daihatsu Gran Max : Bantingan suspensi keras, fitur keselamatan terbatas, desain

Daihatsu Luxio

Tahun : 2010 – 2012
Mesin : 1.495 cc 4-silinder, 97 HP
Harga : Rp 80 – 100 jutaan

Daihatsu Luxio bisa dikatakan sebagai model mewah dari Gran Max di atas karena dibangun atas basis yang sama dan ditargetkan sebagai sebuah people carrier. Dibandingkan Gran Max, Luxio memiliki fitur-fitur lebih lengkap, suspensi lebih nyaman, serta tampang lebih menggoda. Image Daihatsu yang unggul di transportasi bisnis membuat mobil ini lebih diminati oleh para pengusaha rental mobil, travel skala kecil, hingga jasa antar jemput anak sekolah. Namun harus diingat, kaki-kaki Luxio tidaklah setangguh saudaranya di atas.

  • Keunggulan : Bantingan suspensi nyaman, kabin lapang, jaringan servis
  • Kelemahan : Posisi duduk supir kurang ergomis, konstruksi kaki-kaki kurang tangguh

Demikian beberapa rekomendasi dan Pilihan Mobil Bekas Untuk Bisnis Terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan sebagai penunjang kegiatan bisnis. Sebelum memilih mobil yang akan Anda pinang, ada baiknya untuk memastikan ketersediaan jaringan servis bengkel resmi atau bengkel spesialis sehingga pengeluaran budget untuk perawatan mobil dapat diminimalisir.