6 Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia

6 Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia – Pada mulanya, pabrikan otomotif asal Korea dipandang sebelah mata. Berbagai isu reabilitas, kurang matangnya desain dan resale value hancur membuat brand negeri ginseng kurang diminati di Indonesia. Berbagai cara dilakukan Kia agar bangkit, salah satunya dengan membajak desainer ternama dari pabrikan Eropa dan terbukti, Kia sekarang memiliki line-up dengan desain manis. Mereka juga berupaya keras untuk memperluas jaringan servis ke seluruh kota di Indonesia sehingga isu-isu sebelumnya mulai pudar seiring berjalannya waktu dan mulai diterima di masyarakat.

Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia
Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia

6 Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia

Untuk pasar lokal, Kia sendiri memiliki lini produk yang cukup lengkap lewat lini passanger car hingga mobil komersial. Dari segi populasi, mereka memang kurang mendominasi, tapi setidaknya bisa menyaingi pabrikan lain asal Jepang berkat keunggulan fitur yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Jika Anda tidak terlalu mempertimbangkan merk dan terbentur budget terbatas, sebenarnya Kia bisa menjadi alternatif. Disini, Bermobil telah menyiapkan daftar rekomendasi dari 6 Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia. Apa saja?

KIA Picanto A/T

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 1.248 cc 4-silinder, 87 HP
Harga : Rp 60 – 75 juta

Untuk posisi pertama dari Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia, kami menilai Picanto jawaranya. Memiliki dimensi kompak dengan desain menarik serta harga jual bekas sangat terjangkau merupakan beberapa poin yang menjadi daya Picanto dalam menyihir kawula muda. Karena dimensinya cukup mungil berimbas pada akomodasi interior. Walau begitu, mobil ini dibekali mesin 1.2 liter yang cukup bertenaga dan irit BBM. Jika berbicara soal fitur, Picanto patut diacungi jempol. Sensor parkir, on board computer hingga foglamp telah menjadi kelengkapan standar dimana fitur tersebut jarang dimiliki para kompetitor di kelasnya.

Keunggulan KIA Picanto : irit BBM, desain eksterior, akselerasi mesin
Kelemahan KIA Picanto : kabin sempit, handling kurang mumpuni

KIA Sportage

Tahun : 2011 – 2012
Mesin : 1.988 cc 4-silinder, 166 HP
Harga : Rp 120 – 140 jutaan

Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia kedua, kami memilih Kia Sportage gen 3. Di segmen compact crossover, kehadiran Kia Sportage Gen 3 terbukti memberikan warna baru karena desainnya terbilang sangat ke-Eropa-an dan cocok digunakan segala kalangan. Selain nyaman, kabin lega, performa mesin mumpuni, mobil ini sudah mengadopsi tombol audio yang cukup membantu kepraktisan saat mengemudi. Dari segi image, ia memang masih kalah dari Nissan Juke yang menurut kami nilai terlalu overrated. Satu hal yang paling menarik dari Sportage sendiri adalah bantingan yang balance dan didukung oleh performa mesin terbesar di kelasnya dengan teknologi modern dual CVVT.

Keunggulan KIA Sportage : desain eksterior, performa mesin buas, kabin lega
Kelemahan KIA Sportage : citra Korea, depresiasi harga, sudah berganti model

KIA Pride

Tahun : 2010 – 2011
Mesin : 1.399 cc 4-silinder, 92 HP
Harga : Rp 60 – 75 juta

Sebelum Kia Rio masuk ke Indonesia, Kia Pride pernah senjata utama Kia dalam bersaing di segmen compact hacthback meski akhirnya kalah telak dibandingkan Jazz atau Yaris sehingga mengalami depresiasi harga cukup tinggi dimana hal ini menjadi kesempatan bagi  Anda. Untuk itu kami turut memasukkan Kia Pride dalam daftar Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia. Nilai jual utama dari mobil ini adalah soal akomodasi kabin dan mampu memberikan ruang lapang bagi penumpang baris kedua serta menawarkan ruang bagasi yang juga luas. Hanya saja, peredaran Kia Pride di pasar mobil bekas tergolong langka sehingga membutuhkan kesabaran dalam mencari unitnya.

Keunggulan KIA Pride : kabin lapang, peredaman kabin, bantingan suspensi lembut
Kelemahan KIA Pride : rem belum ABS, langka, desain mulai tampak usang

KIA Rio

Tahun : 2012 – 2013
Mesin : 1.396 cc 4-silinder, 107 HP
Harga : Rp 90 – 115 juta

Sebagai penerus dari Kia Pride di atas, Kia Rio tak hanya membawa daya pikatnya lewat kelegaan kabin dan kenyamanan bantingan suspensi, namun juga dari segi desain eksterior dimana sudah mengadopsi konsep tiger nose yang turut digunakan berbagai produk baru Kia saat itu. Sayangnya, desain dashboard tampak sederhana, tak jauh berbeda dari Kia Picanto. Meskipun poin minus tersebut justru memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan audio dan AC. Untuk konsumsi BBM, Kia Rio masih tergolong hemat saat digunakan dalam kemacetan. Adanya “gimmick” eco mode pada panel instrumen juga ikut membantu pengemudi dalam berkendara hemat, biarpun hanya hanya sebatas indikator saja.

Keunggulan KIA Rio : desain eksterior, kabin lega, bantingan suspensi
Kelemahan KIA Rio : desain interior kurang mewah, minim fitur multimedia

KIA Carens

Tahun : 2013
Mesin : 1.998 cc 4-silinder, 152 HP
Harga : Rp 150 jutaan

Setelah sempat vakum di lini MPV kompak karena generasi keduanya tak masuk ke pasar lokal, akhirnya Indonesia kebagian model terbaru lewat All New Kia Carens Gen 3. Hampir sama dengan Kia Rio, Kia Carens Gen 3 ikut mengadopsi bahasa desain Tiger Nose sehingga tampilannya sangat dinamis sekaligus stylish. Dari segi kenyamanan pun, mobil ini tak kalah dibandingkan para kompetitor karena sudah dilengkapi arm rest jok penumpang pada baris kedua, kabin yang kedap, hingga ketersediaan jok baris ketiga meski agak sempit. Untuk fiturnya mirip-mirip dengan Kia Rio namun ia memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar yakni 2 liter.

Keunggulan KIA Carens : dxesain eksterior, bantingan, fitur
Kelemahan KIA Carens : pamor kalah bersaing, baris ketiga sempit, belum rem ABS

KIA Sorento Diesel

Tahun : 2013
Mesin : Diesel 2.199 cc 4-silinder, 197 HP
Harga : Rp 220 jutaan

Terakhir, kami memilih Kia Sorento diesel sebagai pengisi posisi keenam dari Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia. Ia diposisikan sebagai lini SUV crossover termahal dan termewah di tanah air, satu tingkat di atas Kia Sportage. Bermodalkan mesin diesel 2.2 liter, tenaganya nyaris menyentuh 200 HP. Selain tenaga dan torsi buas, keunggulan dari mobil ini adalah adanya panoramic sunroof, fitur ecomode, serta ketersediaan jok baris ketiga yang bisa dilipat rata. Sayangnya ia belum dibekali fitur traction control sehingga roda penggerak depannya sangat mudah spin ketika pedal gas ditekan dalam-dalam.

Keunggulan KIA Sorento Diesel : tenaga dan torsi mesin, fitur berlimpah, jok 7 penumpang
Kelemahan KIA Sorento Diesel : harga jual kembali sangat jatuh, minimum pertamina dex, tanpa traction control

Demikian beberapa Pilihan Mobil Kia Bekas Terbaik di Indonesia rekomendasi Bermobil kali ini. Dari posisi pertama hingga keenam, kami rasa Kia Rio sudah mampu memenuhi kebutuhan untuk penggunaan harian. Kabin lapang, irit, dan desain eksterior masih tergolong fresh hingga sekarang. Tapi jika Anda membutuhkan 7-seater, pilihannya hanya ada 2 saja, Kia Carens atau Sorento Diesel. Sesuaikan budget dan jangan lupa untuk menyiapkan dana 15 jutaan sebagai spare guna merestorasi kaki-kaki hingga peremajaan part mesin.