5 Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Terabas Banjir

Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Menghadapi Banjir – Mengincar sebuah SUV sebagai sarana mobilitas sehari-hari dirasa tepat. Tak hanya cocok digunakan untuk berpetualang ke luar kota bersama keluarga, SUV juga cocok digunakan di kota-kota besar yang sering dilanda banjir. Dengan mengedepankan ground clearance di atas rata-rata, image macho dan gagah, SUV mampu melewati genangan banjir dengan mudah. Memiliki sebuah SUV memang jauh lebih menguntungkan, sebab kondisi jalan di Indonesia sangat beragam.

5 Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Menghadapi Banjir
5 Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Menghadapi Banjir

Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Menghadapi Banjir

Di pasar mobil bekas, SUV yang tersedia sudah sangat beragam. Mulai dari konstruksi bodi crossover, SUV tulen dengan penggerak roda belakang, hingga dimensinya yang kompak dan cocok digunakan dalam kota padat. Untuk angka di bawah 100 jutaan, SUV sudah dianggap terjangau mengingat keunggulan yang dimilikinya yang serba bisa. Karena itu, Bermobil telah merangkum beberapa rekomendasi pada artikel Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Menghadapi Banjir kali ini. Berikut pilihannya.

Honda CR-V 2.0 A/T

Tahun : 2003
Mesin : 1.998 cc 4-silinder, 145 HP
Harga : Rp 70 jutaan

Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Terabas Banjir pertama diraih oleh Honda CRV generasi kedua. Mobil ini memiliki tampang yang sangat gagah dibandingkan pendahulu atau penerusnya. Mobil ini memikiki posisi duduk yang ergonomis sehingga nyaman dikemudikan seorang diri serta didukung oleh suspensi stiff yang membuat handlingnya terasa mantap. Selain itu, varian 2.000 cc dari generasi kedua CRV ini tergolong hemat BBM dan ia dapat mengakomodasi hingga 5 penumpang dewasa dan 2 anak-anak untuk baris ketiga. Jok pada baris ketiga dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Keunggulan Honda CR-V 2.0 A/T : Desain eksterior cukup gagah, ground clearance tinggi, handling mantap, posisi duduk ergonomis
Kelemahan Honda CR-V 2.0 A/T : bantingan suspensi agak keras, baris ketiga sempit, posisi tuas transmisi di balik kemudi

Toyota Rush 1.5 G

Tahun : 2008
Mesin : 1.495 cc 4 silinder, 109 HP
Harga : Rp 100 jutaan

Di kelas low SUV, Toyota mencoba peruntungan melalui peluncuran Rush yang dimulai pada akhir tahun 2006. Mobil yang identik dengan Daihatsu Terios ini sayangnya memiliki 5 jok saja. Tapi, inilah sebabnya kenapa Rush cukup lega sebab absennya jok baris belakang. Didukung oleh ground clearance yang cukup tinggi serta diameter ban besar, Toyota Rush dapat digunakan ke medan agak berat dan cocok bagi keluarga kecil yang hobi berlibur. Sayangnya, suspensi Toyota Rush cukup limbung ketika bermanuver serta suara mesin meraung-raung pada putaran atas karena rasio giginya yang terlalu rapat.

Keunggulan Toyota Rush 1.5 G : Kabin luas, body tinggi, pertawatan mudah khas Toyota
Kelemahan Toyota Rush 1.5 G : Suspensi tidak nyaman, absennya jok baris belakang, raungan suara mesin

KIA Sportage Gen 2

Tahun : 2005
Mesin : 1.975 cc 4-silinder, 142 HP
Harga : Rp 70 jutaan

Salah satu pemain asal Korea juga ikut kami masukkan ke daftar Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Terabas Banjir kali ini. Pada permulaan era millenium, tak banyak model SUV yang berani menginjakkan kakiknya di tanah air. Sebab saat itu, segmen sedan masih menjadi primadona di tanah air. Uniknya, Kia dapat meracik sebuah SUV tinggi yang nyaman dan dapat dibawa ke segala medan. Mobil ini masih tetap nyaman digunakan di perkotaan sebab suspensinya yang empuk. Keunggulan lain dari Kia Sportage Gen 2 tersebut adalah jok yang ergonomis layaknya CRV di atas. Sayangnya, konsumsi BBM Sportage Gen 2 terbilang cukup boros.

Keunggulan KIA Sportage Gen 2 : Bantingan suspensi nyaman, tenaga besar, harga terjangkau
Kelemahan KIA Sportage Gen 2 : image mobil Korea, boros BBM, jaringan servis terbatas

Suzuki Grand Escudo XL7

Tahun : 2004
Mesin : 2.493 cc V6, 157 HP
Harga : Rp 70 jutaan

Tak banyak orang tau jika Escudo juga pernah diluncurkan dengan kapasitas 7 penumpang. Selain bermesin lebih besar dengan konfigurasi V6, SUV ini memiliki desain bodi lebih panjang dan dilihat sekilas tampak seperti sebuah MPV. Berkat wheelbase lebih panjang, Escudo sudah pasti jauh lebih unggul dalam hal mengakomodasi penumpang. Desain interiornya juga terasa lebih mewah dibandingkan Escudo biasa. Sayangnya, tenaga besar yang dihasilkan oleh mesin Escudo XL7 membuatnya boros. Walau begitu, Bermobil rasa suara mesin V6 miliknya akan membuat pengemudi merasakan sensasi berbeda dari kandidat lain.

Keunggulan Grand Escudo XL7 : Jok 7 penumpang, suara mesin V6, tenaga cukup besar
Kelemahan Grand Escudo XL7 : Boros BBM, populasi cukup jarang, harga jual kembali jatuh

Nissan Terrano Spirit

Tahun : 2005
Mesin : 2.389 cc 4-silinder, 118 HP
Harga : Rp 70 jutaan

Nissan Terrano Spirit berada di posisi kelima dari Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Terabas Banjir. Jauh-jauh hari sebelum Fortuner  dan Pajero Sport hadir ke tanah air, Terrano mulai melenggang di segmen SUV ladder seorang diri. Bermodalkan ground clearance paling tinggi saat itu serta dikawinkan oleh desain tangguh khas SUV tulen yang dapat diajak kemana saja, Terrano terbukti mampu membukukan rekor penjualan manis di Indonesia. Kenyamanan dari mobil ini juga patut diapresiasi berkat suspensinya yang empuk dan didukung oleh kabin lapang.

Sayangnya, konsumsi BBM Terrano terbilang boros. Teknologi mesin bensin karburator yang diusung mobil ini juga tergolong sangat sederhana untuk jaman sekarang. Namun hal inilah yang membuat membuatnya menjadi keunggulan bagi sebagian orang yang tinggal di pelosok ibukota karena perawatannya jadi jauh lebih mudah dibandingkan mesin modern yang banyak diadopsi oleh SUV kekinian.

Keunggulan Nissan Terrano Spirit : bantingan suspensi empuk, desain eksterior macho, perawatan mesin cukup mudah
Kelemahan Nissan Terrano Spirit : boros bbm, tenaga kecil, depresiasi harga

Demikian rekomendasi mengenai 5 Pilihan Mobil SUV Bekas Murah Untuk Terabas Banjir yang dapat kami sampaikan kali ini. Secara keseluruhan, Honda CRV bisa dijadikan sebagai pilihan utama karena mampu memenuhi segala kebutuhan Anda dalam satu paket. Mobil ini juga banyak direkomendasikan oleh berbagai anggota forum otomotif untuk sebuah mobil harian berkat kenyamanannya. Semoga membantu.