6 Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian dan Macet-Macetan

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian – Bagi sebagian orang, memiliki mobil harian yang nyaman dengan konsumsi BBM irit adalah sebuah impian. Kriteria ini biasanya mampu dipenuhi oleh sedan kompak. Nyatanya, sedan ataupun hatchback terkendala pada ground clearance rendah dan kurang bersahabat untuk jalanan rusak. Sehingga membeli sebuah SUV menjadi jawaban paling tepat. Sementara SUV terkenal boros BBM terutama untuk varian bensin. Untungnya, berbagai pabrikan kini sudah berlomba-lomba menyediakan SUV crossover kompak yang dinilai cocok untuk penggunaan dalam kota sekaligus irit BBM.

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian
Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian

Kali ini, Bermobil telah menyiapkan beberapa rekomendasi Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian. Sebagai catatan, kami hanya akan menyebutkan para kandidat yang mayoritas menggunakan body crossover dimana di bangun konstruksi body monokok, kecuali untuk pilihan nomor 2. Selain itu, kami tidak menyertakan SUV ladder frame 7 penumpang sekelas Fortuner. Selain kurang nyaman untuk harian karena ukurannya terlalu besar, varian bensin untuk SUV sekelas itu juga tergolong boros. Fokus kami adalah crossover dengan konsumsi BBM 9 km/L atau lebih untuk penggunaan dalam kota.

Suzuki SX4 X-Over Gen 1 A/T

Tahun : 2013
Mesin : 1,490 cc 4 silinder, 100 HP
Harga : Rp 110 Jutaan
Konsumsi BBM : 9 km/L dalam kota, 13-15 km/L luar kota (estimasi)

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian dan Macet-Macetan pertama, kami memilih Suzuki SX4 gen pertama bertransmisi otomatis. Mobil ini patut dipinang jika Anda mencari sebuah mobil crossover kompak dengan dimensi kabin lapang, perawatan mudah, dan harga sparepart murah khas Suzuki. Dari tampilannya sendiri, SX4 X-Over tampak cukup sporty dengan dengan aksen hitam di lingkar fender besar serta adanya roof rail khas SUV. Handlingya pun cukup oke diajak bermanuver karena bobot setir yang pas dan tak berasa ampang. Hanya saja tenaga SX-4 tergolong pas-pasan meski ia cukup sigap berakselerasi dari putaran bawah.

Keunggulan Suzuki SX4 X-Over Gen 1 : kabin lapang, perawatan mudah dan murah, handling mantap
Kelemahan Suzuki SX4 X-Over Gen 1 : tenaga pas-pasan, desain eskterior mulai tampak tua, racksteer rentan rusak

Daihatsu Terios TX A/T

Tahun : 2012
Mesin : 1,495 cc 4 silinder, 109 HP
Harga : Rp 100 Jutaan
Konsumsi BBM : 9 km/L dalam kota, 11-13 km/L luar kota (estimasi)

Untuk Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM kedua, kami menyarankan Daihatsu Terios TX bertransmisi otomatis. Dibandingkan saudara kembarnya Toyota Rush, Terios TX lebih worth karena harga bekasnya lebih murah, ketersediaan jok pada baris ketiga, serta bisa mendapat unit dengan tahun lebih muda untuk harga yang sama. Keunggulan Terios TX ada pada daya tampung serta konstruksi kaki-kakinya yang sangat badak sehingga cocok digunakan di daerah rawan banjir karena ground clearance paling tinggi di kelasnya. Dari segi konsumsi BBM, mungkin ia masih kalah dari kontestan lainnya. Tapi masih tergolong irit daripada SUV berukuran lebih besar.

Keunggulan Daihatsu Terios TX :
Kelemahan Daihatsu Terios TX :

Nissan Juke CVT

Tahun : 2011
Mesin : 1,498 cc 4 silinder, 114 HP
Harga : Rp 110 jutaan
Konsumsi BBM : 10 km/L dalam kota, 13-16 km/L luar kota (estimasi)

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM selanjutnya diisi oleh Nissan Juke. Saat pertama kali hadir ke pasar Indonesia, mobil ini banyak dicibir berkat desainnya yang cukup kontroversial. Walau begitu, penjualan Nissan Juke di Indonesia terbilang laris dimana pemebelinya kebanyakan kawula muda. Dibalik desainnya yang agak nyeleneh, Nissan Juke sendiri cukup nyaman digunakan dalam kota karena penggunaan transmisi CVT dimana mampu menyajikan akselerasi lembut walau agak lemot. Maka tak heran jika banyak wanita suka dengan karakter Juke. Namun kurang cocok bagi Anda yang suka mobil dengan karakter mesin dan transmisi responsif.

Keunggulan Nissan Juke CVT : cukup irit, fun to drive, jok lebar dan empuk
Kelemahan Nissan Juke CVT : desain kontroversial, biaya perawatan relatif mahal, kabin belakang sempit

Ford Ecosport Titanium

Tahun : 2016
Mesin  : 1,499 cc 4 silinder, 108 HP
Harga : Rp 120 Jutaan
Konsumsi BBM : 10-11 km/L dalam kota, 14-17 km/L luar kota (estimasi)

Sebelum memutuskan untuk angkat kaki dari tanah air, Ford pernah mencoba peruntungan di segmen crossover kompak lewat penjualan perdana Ecosport pada pertengahan Mei 2014 silam. Kami memilih tipe Ecosport Titanium sebagai kandidat kelima dari Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM sebab trim ini merupakan tipe paling tinggi di keluarganya. Selain dilimpahi berbagai fitur interior terkini pada masanya, Ecosport Titanium juga dilengkapi berbagai peranti keselamatan cukup canggih yang biasanya ada pada SUV mahal. Sayangnya transmisi otomatis miliknya terasa kurang sigap memilih posisi gigi yang pas, walau dapat diakali dengan menggunakan mode manual.

Keunggulan Ford Ecosport Titanium : harga bekas cukup murah, fitur berlimpah, handling mumpuni
Kelemahan Ford Ecosport Titanium : ruang bagasi sempit, resale value, jaringan aftersales

Honda HRV S CVT

Tahun : 2015
Mesin : 1,497 cc 4 silinder, 120 HP
Harga : Rp 190 Jutaan
Konsumsi BBM : 12 km/L dalam kota, 15-18 km/L luar kota (estimasi)

Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian dan Macet-Macetan berikutnya kami memasukkan nama HRV. Kami sengaja tidak menaruh nama HRV pada peringkat pertama karena harga bekasnya masih sangat mahal. Namun bukan masalah jika Anda memiliki budget besar. Dari fitur-fiturnya pun, HRV masih kalah jauh dibandingkan Ford Ecosport dimana perbedaan harga bekas keduanya cukup jauh. Selain itu, tipe S sendiri juga sangat minim fitur sebab ia diposisikan di bawah tipe E. Dari segi handling, HRV mirip Jazz dan sangat nyaman digunakan bermanuver. Untuk konsumsi BBM, mobil ini paling irit dengan rekor 12 km/L lebih untuk penggunaan dalkot.

Keunggulan Honda HRV S CVT : irit, resale value bertahan, jaringan aftersales
Kelemahan Honda HRV S CVT : minim fitur, built quality kurang baik, isu kaki-kaki rentan rusak

Mazda CX-5 Touring Gen 1

Tahun : 2012
Mesin : 1,998 cc 4 silinder, 135 HP
Harga : Rp 190 jutaan
Konsumsi BBM : 10 km/L dalam kota, 11-15 km/L luar kota (estimasi)

Posisi terakhir Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian, Mazda bisa dijadikan sebagai alternatif. Dibandingkan mobil lain di atas, Mazda CX-5 batch awal adalah yang paling mewah sekaligus paling canggih. Maklum saja, ia bersaing dalam segmen SUV medium yang turut dihuni oleh Honda CRV. Selain konsumsi BBM lebih hemat dari CRV, harga bekasnya pun sudah sangat terjangkau. Mobil ini memang memiliki bantingan yang keras tapi membuat handlingnya menjadi sangat sporty dan cocok bagi Anda yang yang mengedepankan sensasi fun to drive. Tapi Anda wajib menggunakan pertamax untuk menghindari gejala knocking.

Keunggulan Mazda CX-5 Gen 1 : mewah, desain sporty, fitur sangat-sangat lengkap, performa mesin dan handling
Kelemahan Mazda CX-5 Gen 1 : minimal pertamax, biaya perawatan cenderung mahal, jaringan servis di daerah masih minim

Demikian beberapa rekomendasi Pilihan Mobil SUV Bensin Bekas Irit BBM untuk Harian yang kami pilihkan untuk Anda. Secara keseluruhan, jika Anda menyediakan dana besar, Kami sangat merekomendasikan Mazda CX-5 karena ia berada memiliki fitur keselamatan paling lengkap dengan harga sepadan HRV. Walau tahun lebih tua, namun gengsi CX-5 masih jauh di atas HRV atau kandidat lain dari posisi pertama hingga keempat.