Tips Membeli Honda Accord Maestro 1990-1993 Bekas

Tips Membeli Honda Accord Maestro – Honda Accord Maestro merupakan sedan midsize generasi keempat dalam keluarga Accord yang diluncurkan dari tahun 1990 hingga 1993. Ada 2 jenis Accord Maestro yang beredar di tanah air yaitu Maestro bermesin karburator dan juga bermesin injeksi pada varian facelift. Dibandingkan generasi sebelumnya, Accord Prestige, Accord Maestro ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terutama pada fitur standar bawaan dengan fitur elektrikal lebih lengkap serta dimensi mobil keseluruhan yang juga lebih besar.

Pada Accord Maestro keluaran awal, mesin karburator yang diusungnya berkapasitas 2.0 liter 16 katup, bertenaga 115 HP. Sementara mulai tahun 1992 sudah mengadopsi mesin injeksi, memiliki tenaga lebih besar 20 HP menjadi 135 HP. Karena tenaga menjadi lebih besar, Accord Maestro injeksi menggunakan settingan rasio gearbox berbeda sehingga impresi yang ditawarkan juga berbeda dari model Maestro yang masih mengandalkan karburator sebagai sistem pengabut bahan bakar.

Selain mesin, Honda Accord Maestro juga sudah mendapatkan update suspensi yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya. Dengan begitu, mobil ini menjanjikan handling yang lebih baik, lebih stabil dan juga dapat mengurangi gejala body roll, yaitu gejala body membuang ke samping saat melewati jalanan jelek. Berbekal tenaga yang besar, bantingan nyaman dan juga mesin bandel, membuat pamor Accord Maestro tak pernah pudar meski usianya hampir menginjak angka 30 tahun.

Maka tak heran, Honda Accord Maestro Bekas bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang terhalang budget karena perawatannya mudah dan murah khas sedan 90-an lain di kelasnya seperti Toyota Corona ataupun Mitsubishi Eterna. Berikut Tips Membeli Honda Accord Maestro bekas.

Tips Membeli Honda Accord Maestro Bekas

Nah, bagi Anda yang sedang mengincar Honda Accord Maestro Bekas sebagai mobil harian, mungkin beberapa Tips Membeli Honda Accord Maestro Bekas yang telah kami persiapkan bisa membantu Anda dalam mengeksplorasi beberapa detail yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya.

Mesin

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, Honda Accord Maestro tersedia dengan dua jenis mesin, karburator dan injeksi. Apapun jenisnya, pastikan putaran mesin bekerja pada idle semestinya, tak ada rembes oli di sekitar cover mesin serta bebas dari asap putih tipis yang keluar dari knalpot. Sebab bisa saja mesin butuh peremajaan dengan cara turun mesin total atau setengah yang pastinya memakan biaya yang tak sedikit.

Sistem pendinginan

Tips Membeli Honda Accord Maestro berikutnya adalah cek bagian cooling mesin. Honda Accord Maestro memang memiliki mesin yang mudah dirawat. Semua bengkel bisa menanganinya. Namun semua tergantung dari perawatan pemilik mobil sebelumnya. Pastikan sistem pendinginan mesin mobil berjalan optimal. Mulai dari coolant, radiator, hingga selang-selang karet. Bagian ini cukup krusial karena seringkali menjadi penyebab utama mobil mogok atau membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Hindari membeli mobil dengan kondisi air radiator berkarat.

Kondisi eksterior

Mengingat usianya yang tak lagi muda, Honda Accord Maestro kerap mengalami beberapa karat pada bagian di sudut-sudut eksterior. Terutama di kolong mobil. Lakukan cek pada beberapa titik rawan karat khususnya di balik fender depan dan belakang. Bagian-bagian lain yang rawan karat juga biasanya luput dalam pengecekan adalah karat di sekitar list kaca. Baik itu kaca depan, belakang, dan juga keempat kaca jendela. Khusus pada bagian kaca, pastikan bebas karat karena bisa mengakibatkan air hujan masuk ke dalam interior mobil.

Kaki-kaki

Rancangan kaki-kaki double wishbone sedan 90-an milik Honda terkenal lemah. Khususnya Grand Civic. Sementara milik Honda Accord Maestro sedikit lebih baik karena kualitas bahan yang digunakan berada satu tingkat di atas Civic. Sehingga beberapa part fast moving original milik mobil ini juga dijual lebih mahal. Periksa bagian-bagian krusial pada suspensi seperti bagian ball joint, karet-karet, sokbreker, bangku mesin, dan jangan lupa untuk memastikan tak ada oli yang merembes dari bagian power steering.

Kondisi Interior

Tips Membeli Honda Accord Maestro selanjutnya, cek interior. Honda Accord Maestro memiliki build quality interior yang cukup baik. Baik dashboard, doortrim, busa jok, hingga penggunaan material plastik berkualitas. Pastikan semua bagian interior mobil ini bebas dari masalah karena beberapa part interior Accord Maestro cukup sulit ditemukan di pasaran dalam kondisi baru. Sebab peredarannya tak sebanyak part interior Civic yang jauh lebih populer.

Sistem kelistrikan

Tips Membeli Honda Accord Maestro yang tak boleh Anda lewatkan adalah sisten kelistrikan. Mayoritas pemilik mobil tua biasanya kurang teliti mengenai kondisi kelistrikan mobilnya kecuali bagi mereka yang pernah mengikuti forum ataupun bergabung dengan komunitas. Pastikan Honda Accord Maestro bekas yang ingin Anda beli bebas dari jumper kabel sana-sini. Selain menguras daya tahan aki dan dinamo, adanya kabel jumper juga bisa menyebabkan mobil terbakar sewaktu-waktu akibat korslet dari kotak sekring hingga relay.

Demikian beberapa Tips Membeli Honda Accord Maestro Bekas sebagai generasi keempat Accord yang dapat Bermobil sampaikan. Semoga membantu.