3 Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku

Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku Mobil dibuat atas komponen yang kebanyakan berasal dari metal. Tapi yang sering memiliki kontak langsung dengan penumpang atau driver adalah komponen dari material non logam seperti karet ataupun plastik. Misalkan roda kemudi, tuas persneling, jok yang berlapiskan kulit atupun fabric. Nah, jika Anda ingin menjual mobil agar tampak lebih segar sekaligus optimal di mata para calon pembeli mobil Anda, berikut beberapa tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku yang telah kami rangkum.

Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku
Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku

Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku

Plastik, kulit, beludru dan kain 

Area interior dalam mobil umumnya menggunakan bahan plastik hard touch dan soft touch ataupun campuran karet, meliputi bagian door trim, dashboard, konsol tengah hingga tuas. Material tersebut dipilih karena pertimbangan kepraktisan. Meski bisa saja mengundang bunyi-bunyian rattle yang mengganggu dalam perjalanan karena kualitas material kurang baik. Tak hanya menyebabkan bunyi aneh, material plastik juga biasanya akan memudar seiring waktu. Terutama jika sering terkena sinar ultraviolet langsung melewati kaca depan atau kaca samping.

Warna interior kusam bisa juga disebabkan oleh noda menempel terlalu lama dan menyisakan bekas pada bagian permukaan. Jika ini yang terjadi, proses peremajaanya tidak memerlukan upaya khusus. Cukup menggunakan cairan pembersih yang dijual di toko asesoris terdekat. Namun berbeda ceritanya jika material plastik pada dashboard atau doortrim mulai getas atau baret yang cukup dalam. Jika terlalu parah, Anda terpaksa menggantinya.

Jika hanya bekas kotoran, noda atau cat yang memudar, tidak terlalu sulit untuk meremajakannya. Yang sulit adalah jika material plastik yang digunakan sudah getas dan aus karena sering bersinggungan dengan penumpang atau supir seperti roda kemudi, tuas shifter, arm rest hingga panel pintu. Begitu pula jika Anda menjumpai baret yang cukup dalam. Kalau kondisinya sudah parah, mau tak mau Anda harus menggantinya.

Bagian lainnya yang patut  dipantau adalah plafon mobil dimana bagian ini seringkali terlewatkan pada proses restorasi interior mobil. Plafon mobil kebanyakan menggunakan bahan fabric atau vinyl berwarna cerah yang sangat rentan kotor. Membersihkan plafon mobil juga tergolong mudah. Namun jika nodanya membandel dan sulit dibersihkan seperti tinta pulpen atau bekas lem, lebih baik menggunakan jasa salon mobil karena biayanya juga cukup terjangkau.

Karet

Selain plastik, karet merupakan material yang paling rentan getas. Sifat elastis karet memang menjadi keunggulan tersendiri sehingga digunakan pada beberapa bagian sebagai seal seperti di sekeliling frame kaca mobil, karet kaca guna meredam getaran, hingga wiper untuk menyeka air. Namun karena termakan usia, karet-karet tersebut bisa getas dan satu-satunya cara adalah menggantinya. Sementara jika karet masih baru dan tiba-tiba keras akibat kering, Anda dapat mengembalikan kelenturannya dengan cara memberi semprotan khusus. Kasus karet getas juga bisa menjadi senjata bagi para calon pembeli dalam proses negosiasi.

Kaca

Kaca adalah bagian penting dan tak boleh dilewatkan ketika merestorasi alias merawat mobil sebelum dijual agar cepat laku. Sebab, harga baru kaca mobil terbilang cukup mahal terutama untuk mobil yang harganya mencapai 300 jutaan. Mayoritas permasalahan yang menjadi penyakit pada kaca yang jarang dirawat adalah timbulnya jamur sehingga mengganggu pandangan pengemudi khususnya ketika berjalan di malam hari pada musim hujan.

Selain bersarangnya jamur, problema lain pada kaca mobil adalah baret. Jika goresan baret tak kasat mata, masih bisa dipoles dan dapat dilakukan di rumah. Namun jika bekas goresannya terlalu dalam, biasanya langkah memoles sendiri tidak bisa menjadi solusi. Sama seperti masalah di atas, sebaiknya Anda menggunakan jasa salon mobil memang terbiasa menangani kaca mobil. Sementara jika kaca retak, lebih baik menggantinya dengan yang baru agar harga mobil tak terlalu jatuh.

Demikian beberapa Tips Merawat Mobil Sebelum Dijual agar Cepat Laku. Bagi sebagian orang, langkah-langkah di atas memang cukup menyita waktu sehingga banyak para pemilik mobil yang langsung menggunakan jasa salon mobil. Namun jika beberapa bagian yang mudah ditangani dan kira-kira dapat dilakukan sendiri di rumah dalam waktu senggang, setidaknya bisa menghemat budget Anda. Semoga membantu.